2153. ZAKAT PERHIASAN

PERTANYAAN :
Assalamu’alaikum. Tiap bulan, insyaalloh saya tlah membayar zakat ma’al (penghasilan dari profesi) sebesar 2,5 persen dari jumlah penghasilan saya. Lalu sisanya saya membeli emas, sedikit-sedikit setiap bulannya. Pertanyaan saya, apakah saya masih wajib zakat perhiasan, jika saya tlah membayar zakat ma’al profesi. Mohon pencerahannya. Sukron jazakallahu khoir. [Ana Solikhah].
JAWABAN :
Wa’alaikumussalam.
ولو اتخذ حليا و قصد كنزه فقط فالمذهب الذى قطع به الجمهور وجوب الزكاة فيه   كفاية الاخيار ١/١٨٦
Apabila maksud memiliki perhiasan adalah sebagai barang simpananya maka menurut keputusan jumhur ulama adalah wajib zakat.
Syarat wajib zakat emas diantaranya adalah bukan perhiasan yang dibolehkan untuk dipakai, jadi jika perhiasan tersebut adalah perhiasan yang boleh dipakai maka tidak wajib zakat. Terkecuali perhiasan tersebut merupakan barang simpanan atau perhiasan yang dimakruhkan, dan perhiasan yang diharamkan misal perhiasan emas yang dipakai laki laki. Wallohu a’lam. [Abdurrahman As-syafi’i].
شروط وجوب زكاة النقد ان لا يكون حليا مباحا و الحلى المباح هو ما اعد للاستعمال المباح و لو باجرة او اعارة فخرج به ثلاثة الحلى غير المستعمل كالكنز والحلي المكروه كضبة كبيرة للحاجة و الحلى المحرم كالذى يلبسه الرجل……  التقرير السديدة ٤١٠
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/507399732616173/

Pos terkait